15 July 2007

KALAH DENGAN KEPALA TEGAK

“Kalah Dengan Kepala Tegak” menjadi judul dari sebuah kolom berita di salah satu harian nasional yang saya baca tadi pagi. Semangat sportivitas yang terjunjung dari penggalan judul berita mengenai kekalahan timnas Indonesia melawan Arab Saudi itu membangkitkan rasa bangga saya, yang sudah mulai muncul sejak tim kita bermain sportif dan bisa menang melawan Bahrain.

Saya bukan pecinta sepakbola. Nonton pertandingan bola aja paling-paling saat final Piala Dunia. Dulu memang terkadang nongkrong di depan teve, tapi menyaksikan adu jotos yang kerap berlangsung di persepak bolaan nasional (yang tidak kalah lucu dengan Srimulat ...), bukan untuk menikmati unjuk kepiawaian dari para pemain di lapangan hijau itu menggiring bola.
Tapi sejak persiapan sampai hari ini, apa yang telah diperjuangkan timnas kita yang turun di Piala Asia telah menyeret saya untuk berdebar menantikan akhir sebuah pertandingan yang diikuti oleh timnas kita di sana. Dada saya berdesir senang ketika kita menang, dan miris ketika kita kalah. Tapi di luar sentimentil yang mulai saya miliki atas persepak bolaan Indonesia, saya bangga kita bisa bangkit sebagai atlit yang bisa (juga) tampil sportif.

Rasanya pemikiran yang sinis dan pesimis terhadap dunia persepak bolaan nasional, yang dulu sempat nangkring dengan mantap di benak, sekarang sudah mulai tergusur.
Saya memang masih tetap bukan pencinta sepakbola; sebab ketika saya mulai berbangga dengan timnas kita, sesungguhnya saya sedang berbangga terhadap bangsa saya; jadi itu lebih pada kecintaan seorang yang punya semangat nasionalis ketimbang perubahan minat pada dunia sepakbola.
Ayo maju, timnas Indonesia! Kalau pun kalah, ukirkan sekali lagi di tajuk berita nasional bahwa kita memang kalah tapi dengan kepala tegak!
Ijinkan aku—dan juga semua rakyat Indonesia yang membanggakan kalian—melihat semangat sportivitas dari kalian! Sebab juara bukan segalanya dalam olah raga, tapi sportivitas yang sudah mulai kalian tunjukkan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home