17 May 2007

MENJUMPUT MAKNA

Dalam keseharian kita, sebenarnya banyak sekali hal yang terjadi. Biasanya kita melewatkan begitu saja hal atau peristiwa yang rasanya tidak penting. Padahal dari itu, kita bisa 'mengais-ngais' sebentuk makna.
Misalnya, sebongkah batu besar yang teronggok di tengah jalan.
Batu besar itu bermakna bagi saya paling tidak dalam dua hal: kepedulian, dan bahaya dari hal yang sepele.
Kepedulian, adalah ketika tidak seorangpun bersedia berhenti sebentar dan mengangkat batu itu serta memindahkannya ke pinggir jalan, supaya tidak sampai mencelakai pemakai jalan yang lewat. Puluhan orang lalu lalang, tapi tidak seorangpun sudi menyisihkan waktu dan tenaga sejenak untuk 'mengamankan' batu besar itu. Dan ketika ada seorang bapak yang melintas, dan menyadari bahwa batu besar itu bisa sewaktu-waktu mencelakakan seorang pengendara sepeda motor, maka ia berjalan ke tengah jalan raya yang ramai itu, mengangkat batu itu dan meletakkannya di tempat yang tidak akan mengganggu siapapun yang lewat.
Bahaya dari hal yang sepele, adalah ketika kita membiarkan sebongkah 'gangguan kecil' tetap tergeletak ditengah hidup kita; menganggapnya bukan gangguan yang berarti. Sampai suatu ketika kita terantuk padanya, meringis kesakitan; barulah kita menyesali mengapa 'gangguan kecil' itu tidak dari dulu kita singkirkan.
Bisa beri contoh menjumput sepotong makna lain yang mungkin sekali terlewatkan oleh kebanyakan orang?

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home